Pisang: Makanan Anti Kram

Pisang adalah salah satu buat yang paling direkomendasikan untuk dimakan oleh para atlet dan olahragawan. Bukan hanya atlet dan olahragawan, Anda juga boleh memakan buah pisang untuk menghindari, mencegah, serta mengurangi rasa kram yang sering dialami.

Kram atau otot kejang bisa terjadi di mana saja, saat berjalan, duduk, berenang, berlari atau kegiatan lainnya. Secara umum, kram otot bukan masalah yang berbahaya, tetapi pada kasus tertentu bisa menjadi gejala dari masalah lain seperti penyakit arteri perifer atau masalah tulang belakang. Intensitas kram akan makin sering terjadi karena bertambahnya usia ataupun pada saat kehamilan. Mengkonsumsi pisang bisa menjadi solusi saat kram kambuh. Meski khasiatnya tidak bisa dirasakan secara langsung, tetapi pisang dapat membantu mencegah dan meredakan kram otot Anda.

Selain dapat menghilangkan kram, pisang juga bervitamin dan memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Buah pisang yang sudah masak sangat nikmat untuk disantap. Di balik rasanya yang manis, ternyata pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Salah satunya adalah dengan mencegah kram, sehingga benar saja jika pisang ini sudah menjadi makanan favorit bagi para atlet dan olahragawan.

Begitu banyak  kebaikan yang terkandung di dalam sebuah pisang, buah pisang kaya akan kandungan kalium. Zat-zat lain yang bisa diperoleh dari pisang adalah; vitamin C, Vitamin B6, mangan, potasium, magnesium dan serat.

Kenapa Pisang dapat Mecegah Kram?
Pisang merupakan makanan yang kaya akan kalium. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengontrol keseimbangan cairan dalam sel tubuh. Bagi para atlet pada saat berlatih, tubuh dapat kehilangan keseimbangan cairan akibat keluarnya air melalui keringat, yang dapat memicu penyusutan otot dan kram.

Bersama dengan garam, kalium berperan dalam pengiriman sinyal menuju sistem syaraf. Proses ini biasa disebut sebagai impuls syaraf. Proses tersebut berguna dalam menjaga kontraksi otot saat latihan, terutama latihan beban. Nah, untuk mengobati / mencegah kram saat kontraksi otot terjadi maka tubuh memerlukan bantuan dari kalium dan air dalam kapasitas yang cukup.

1 buah pisang biasanya mengandung sekitar 450-470 mg kalium, yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan kalium sebanyak 15%. Oleh karena itulah makan buah pisang minimal 1 buah perhari dapat mencegah dan mengobati rasa kram.

#Kandungan Gizi Buah Pisang 
Kandungan gizi dalam buah pisang setiap 100g nya adalah;

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 89 kal
Karbohidrat 22,8g
Air 75%
Protein 1,1g
Gula 12,2g
Serat 2,6g
Lemak 0,3g
Vitamin A 3µg 0%
Vitamin C 8,7mg 10%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,1mg 1%
Vitamin K 0,5µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,03mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,07mg 6%
Vitamin B3 (Niacin) 0,67mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,33mg 7%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,37mg 28%
Vitamin B9 (Folat) 20µg 5%
Vitamin B12 0µg
Cholin 9,8mg 2%
Kalsium 5mg 1%
Zat Besi 0,26mg 3%
Magnesium 27mg 7%
Fosfor 22mg 3%
Potassium (Kalium) 358mg 8%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,15mg 1%
Tembaga (Copper) 0,08mg 9%
Manganese 0,27mg 12%
Selenium 1µg 2%

Bila Anda sering menderita keram cobalah rutin makan pisang setiap hari. Selain mengatasi kram, buah pisang juga baik untuk:
  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Membantu saluran pencernaan
  • Menurunkan Risiko Penyakit Kanker
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Menurunkan Risiko Gangguan Ginjal
  • Menjaga Kesehatan Kulit
Jadi, jangan bosan-bosan untuk makan buah pisang yang lezat dan manis setiap harinya.

0 Response to "Pisang: Makanan Anti Kram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel