Pengertian Vaksin, Antibiotik, Antibodi, Interferon, dan Bioplastik.

materi kesehatan

Obat-obatan yang dihasilkan dari mikroorganisme dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu vaksin, antibiotik, dan interferon. Selain obat-obatan, terdapat juga plastik yang dibuat dari bahan-bahan organik yang dikenal dengan istilah Bioplastik.

#Antibiotik
Antibiotik adalah zat yang mampu menghambat bahkan mematikan mikroorganisme patogen. Contohnya sebagai berikut.
  1. Penisilin yang dihasilkan oleh jamur Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum.
  2. Sefalosporin yang dihasilkan oleh jamur Cephalosporium.
  3. Streptomisin yang dihasilkan oleh bakteri Streptomyces griceus.
  4. Tetrasiklin yang dihasilkan oleh bakteri Streptomyces aureofaciens dan Streptomyces rimosus.

#Antibodi
Antibodi adalah sejenis protein berukuran kecil yang beredar di aliran darah, dan termasuk sebagai bagian dari sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Antibodi yang dihasilkan oleh tubuh adalah antibodi multiklonal (poliklonal). Antibodi ini terbentuk karena tubuh dimasuki oleh beberapa benda asing sehingga tubuh membentuk lebih dari satu macam antibodi. Dengan menggunakan teknik hibridoma, dapat dibentuk antibodi monoklonal, yaitu antibodi yang hanya mengenali dan melawan satu jenis antigen tertentu. Berikut ini adalah tahapan dalam pembuatan antibodi monoklonal dengan teknik hibridoma.
  • Hewan dari kelompok mamalia (misalnya tikus) disuntik dengan antigen (misalnya bibit penyakit dari manusia).
  • Sel penghasil antibodi, seperti sel limfosit B dari limpa, kelenjar limfa, atau darah dari hewan tersebut diambil dan difusikan dengan sel kanker sehingga dihasilkan sel hibridoma.
  • Sel hibridoma kemudian diklon dan diseleksi untuk memperoleh satu sel hibridoma penghasil antibodi monoklonal sesuai keinginan manusia. 

#Vaksin
Vaksin adalah bahan antigenetik yang digunakan untuk memicu terbentuknya sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Vaksin diproduksi dari mikroorganisme atau bagian mikroorganisme yang telah dilemahkan. Selain itu, vaksin juga dapat dibuat dari substansi toksoid bakteri yang sudah tidak
berbahaya bagi tubuh. Contohnya, vaksin polio, campak, hepatitis, BCG (untuk mencegah TBC), dan vaksin DPT (untuk mencegah difteri, pertusis, dan tetanus).

Vaksin baru yang telah dibuat dengan teknik rekayasa genetik adalah vaksin subunit. Vaksin ini dibuat dari bagian tertentu mikroorganisme yang imunogenik secara alami. Contoh: vaksin untuk hepatitis B, yaitu Recombivax HB vaccine.

#Interferon
Interferon merupakan zat yang dihasilkan oleh sel-sel hewan vertebrata akibat terinfeksi oleh virus, bakteri, protozoa, atau senyawa lainnya. Sekarang, interferon dapat dihasilkan dari fusi sel menggunakan teknologi hibridoma.

#Bioplastik
Bioplastik adalah plastik yang dibuat dari bahan-bahan organik, seperti pati, selulosa, minyak nabati, amilum jagung, klobot jagung, amilum ercis, dan biopolimer lainnya yang berasal dari mikroorganisme. Bioplastik dibuat dengan tujuan untuk menggantikan plastik berbahan kimia polietilena yang sulit terurai di alam. Bioplastik biasanya digunakan sekali pakai, seperti kemasan makanan dan alat makan, wadah buah dan sayuran, atau botol minuman ringan. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan bioplastik, antara lain bakteri Alxaligenes eutrophus dan jamur Aureobasidium pullulans.

0 Response to "Pengertian Vaksin, Antibiotik, Antibodi, Interferon, dan Bioplastik."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel